a. Pengertian tentang Web Science
Web Science terdiri atas
kata “Web” dan kata “Science”.
Web atau Website merupakan
suatu halaman informasi yang disediakan melalui jalur Internet, sehingga web
dapat diakses di mana saja selama web tersebut terhubung atau terkoneksi dengan
jaringan internet.
Science atau sains sangat erat hubungannya denga Ilmu Pengetahuan,
banyak yang mendefinisikan bahwa sains itu sama dengan Ilmu Pengetahuan.
Sedangkan yang dimaksud dengan Web Science adalah ilmu yang mempelajari
tentang efisiensi atau pemanfaatan dari sebuah web, agar dapat dirasakan
manfaat dan kegunaannya pada banyak bidang di dalam kehidupan sehari-hari.
b. SEJARAH
WEBSITE
Sejarah Web bermula di European Laboratory for Particle
Physics (lebih dikenal dengan nama CERN), di kota Geneva dekat perbatasan
Perancis dan Swiss. CERN merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh 18
negara di Eropa. Dibulan Maret 1989, Tim Berners dan peneliti lainnya dari CERN
mengusulkan suatu protokol sistem distribusi informasi di Internet yang
memungkinkan para anggotanya yang tersebar di seluruh dunia saling membagi
informasi dan bahkan untuk menampilkan informasi tersebut dalam bentuk grafik.
Web Browser pertama dibuat dengan berbasiskan pada teks.
Untuk menyatakan suatu link, dibuat sebarisan nomor yang mirip dengan suatu
menu. Pemakai mengetikkan suatu nomor untuk melakukan navigasi di dalam Web.
Kebanyakan software tersebut dibuat untuk komputer-komputer yang menggunakan
Sistem Operasi UNIX, dan belum banyak yang bisa dilakukan oleh pemakai komputer
saat itu yang telah menggunakan Windows. Tetapi semua ini berubah setelah
munculnya browser Mosaic dari NCSA (National Center for Supercomputing
Applications).
Di bulan Mei 1993, Marc Andreesen dan beberapa murid dari
NCSA membuat Web browser untuk sistem X-Windows yang berbasiskan grafik dan
yang mudah untuk digunakan. Dalam beberapa bulan saja, Mosaic telah menarik
perhatian baik dari pemakai lama maupun pemakai baru di Internet. Kemudian NCSA
mengembangkan versi-versi Mosaic lainnya untuk komputer berbasis UNIX, NeXT,
Windows dan Macintosh.
Di bulan Mei 1993, Marc Andreesen dan beberapa murid dari
NCSA membuat Web browser untuk sistem X-Windows yang berbasiskan grafik dan
yang mudah untuk digunakan. Dalam beberapa bulan saja, Mosaic telah menarik
perhatian baik dari pemakai lama maupun pemakai baru di Internet. Kemudian NCSA
mengembangkan versi-versi Mosaic lainnya untuk komputer berbasis UNIX, NeXT,
Windows dan Macintosh.
Pada tahun 1994, Marc Andreesen meninggalkan NCSA, dan
kemudian bersama Jim Clark, salah satu pendiri dari Silicon Graphics, membuat
Netscape versi pertama. Kehadiran Netscape ini menggantikan kepopuleran Mosaic
sebagai Web browser dan bahkan sampai saat ini Netscape merupakan browser yang
banyak digunakan setelah Internet Explorer dari Microsoft.
Pada tahun yang sama CERN dan MIT mendirikan suatu
konsorsium yang dinamakan World WIde Web Consortium (W3C) yang bertugas untuk
membangun standar bagi teknologi Web.
Pada awal perkembangannya, sewaktu browser masih berbasiskan
teks hanya terdapat sekitar 50 website. Di akhir tahun 1995 jumlah ini telah
berkembang mencapai sekitar 300.000 web site. Dan diperkirakan sekarang ini
jumalh pemakai Web telah mencapat sekitar 30-an juta pemakai diseluruh dunia.
c. WEB 1.0, 2.0, DAN 3.0
Web 1.0 merupakan teknologi web yang pertama, dikembangkan
sebagai pengaksesan informasi serta memiliki sifat yang sedikit interaktif
dibanding dengan versi selanjutnya, jadi secara garis besar, web 1.0 hanyalah
bersifat read. Kita sebagai pengguna internet hanya bisa membaca apa yang ada
di dalam website tersebut.
Web 2.0 muncul yang merupakan revolusi bisnis di industri
yang disebabkan penggunaan internet sebagai platform dan merupakan suatu
percobaan untuk memahami aturan untuk mencapai keberhasilan platform baru.
Secara garis besar, web 2.0 bersifat read-write. Jadi, pada era web 2.0 ini
pengguna internet terutama pada website tidak terpaku hanya ingin menulis untuk
orang lain atas namanya sendiri, tetapi digunakan untuk saling berbagi ilmu
atau yang lainnya sehingga dapat terbentuk suatu komunitas secara online dan
tidak bersifat indivudual.
Web 3.0 adalah revolusi web pada saat ini, atau disebut juga
sebagai semantic web, dimana hubungan dunia TI dan telekomunikasi sangatlah
dekat. Web 3.0 juga membutuhkan kecepatan internet yang memadai dan spesifikasi
komputer yang lebih baik karena kebutuhan akan grafis atau tampilan yang ada
pada web 3.0, yaitu visual yang berbasis 3D. web 3.0 ini masih dalam
pengembangan, dan saat ini dikembangkan oleh secondlife, Google Co-Ops, bahkan
di Indonesia sendiri juga sudah ada yang mulai mengembangkannya, yaitu Li’L
Online (LILO) Community. Dan web 3.0 ini tidak hanya diekspresikan di dalam
bahasa alami yang tidak dimengerti manusia, tetapi juga dalam bentuk yang dimengerti,
diinterpretasi dan digunakan oleh software agents (perangkat lunak). Jadi,
tujuan utama aweb 3.0 ini adalah perangkat lunak akan mampu mencari, membagi
dan mengintegrasikan informasi dengan cara yang lebih mudah. Pembuatan web 3.0
ini dimungkinkan dengan adanya sekumpulan standar yang dikoordinas oleh W3C
(World Wide Web Consortium). Dan standar yang paling penting untuk web 3.0
adalah XML, XML Schema, RDF OWL dan SPARQL.
d. Arsitektur Website
Arsitektur Website adalah suatu pendekatan
terhadap desain dan perencanaan situs yang, seperti arsitektur itu sendiri,
melibatkan teknis, kriteria estetis dan fungsional. Seperti dalam arsitektur
tradisional, fokusnya adalah benar pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal
ini memerlukan perhatian khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan,
desain interaksi, informasi dan desain arsitektur web. Untuk optimasi mesin
pencari yang efektif perlu memiliki apresiasi tentang bagaimana sebuah situs
Web terkait dengan World Wide Web.
“Website arsitektur” memiliki potensi untuk menjadi istilah
yang digunakan untuk disiplin intelektual mengatur konten website.”.
Ada tiga standar utama untuk penerapan web services.
Standar-standar ini mendukung pertukaran data berbasis XML. Tiga standar
tersebut meliputi SOAP, WSDL, dan UDDI. Berikut ini akan dijelaskan secara
singkat mengenai standar tersebut.
· SOAP (Simple
Object Access Protocol)
suatu bahasa versi bebas dari protokol RPC (Remote Procedure
Caoll) yang berguna untuk proses transaksi melalui HTTP standar.
· WSDL (Web
Services Description Language)
bahasa yang
memungkinkan berbagai dokumen yang dibuat dalam aplikasi yang berbeda dapat berkomunikasi.
· UDDI
(Universal Description Discovery and Integration)
semacam direktori global untuk mengelola web services.
Beberapa aplikasi utamanya :
1. HTTP, HTML, Web
Server, dan Internet
a. HTTP
(Hypertext Transfer Protocol)
sebuah protokol
jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi,
kolaboratif, dan menggunakan hipermedia.
b. HTML (Hyper
Text Markup Language)
bahasa standar untuk membuat suatu dokumen HTML (halaman
web) yang terdiri dari kode-kode singkat tertentu, dimana dengan kode-kode
tersebut akan memerintahkan Web Browser bagaimana untuk menampilkan halaman Web
yang terdiri dari berbagai macam format file seperti teks, grafik, animasi,
link maupun audio-video.
c. Web browser
sebuah progam yang dapat menterjemahkan kode perintah dari
dokumen HTML tersebut sehingga dapat kita lihat, baca dan dengar. Contoh dari
Web Browser adalah Internet Explorer, Netscape Navigator, Mozilla Firefox,
Opera, Safari dll.
d. Internet
sebuah jaringan komputer yang terdiri dari berbagai macam
ukuran jaringan komputer di seluruh dunia mulai dari sebuah PC,
jaringan-jaringan lokal berskala kecil, jaringan-jaringan kelas menegah, hingga
jaringan-jaringan utama yang menjadi tulang punggung internet seperti NSFnet,
NEARnet, SURAnet, dan lain-lain.
2. Wikis, Blogs,
Folksonomies, Social Network, dan Usergenerated Content
a. Wiki
kumpulan
halaman-halaman web yang dapat diubah oleh semua orang setiap saat. Konsep dan
peranti lunak wiki diciptakan oleh Ward Cunningham.
b. Blog
singkatan dari Web
Log, Blog itu sendiri adalah sebuah situs yang asal mulaya merupakan catatan
harian online yang dibuat oleh siapa pun, kapan pun, dan di manapun. Jenis Blog
/ penyedia Blog local maupun internasional :
3. Semantic Web
Summary
Pengertian
Semantic Web (Web Semantik) atau Definisi Semantic Web adalah pengembangan dari
World Wide Web di mana makna semantik
dari informasi di web didefinisikan, sehingga memungkinkan mesin untuk
memprosesnya. Semantic Web berasal dari World Wide Web Konsorsium dari Web sebagai media
universal data, informasi, dan pertukaran pengetahuan. Semantic Web terdiri
dari seperangkat prinsip-prinsip desain, kelompok kerja kolaboratif, dan
berbagai teknologi. Beberapa elemen dari Semantic Web yang dinyatakan sebagai
calon masa depan dan unsur-unsur lain dari Semantic Web disajikan dalam
spesifikasi formal dimaksudkan untuk memberikan deskripsi formal konsep,
istilah, dan hubungan dalam satu domain tertentu.
4. Web Security
Mengenai
masalah yang berkaitan dengan keamanan di dalam era digital tidak lepas dari 3
prinsip utama yaitu Confidentiality, Integrity, dan Availability atau lebih
dikenal dengan nama CIA. Sama halnya ketika bergelut dengan keamanan (security)
sebuah website, princip CIA sudah selayaknya dijadikan pedoman yang harus
dipahami apabila ingin website kita lebih aman dan sulit untuk diserang.
e. Aspek Hukum dan Etika Dalam Internet
Setiap aktvitas yang Manusia lakukan, selalu di batasi oleh
hak dan kewajiban, salah satu contoh bentuk hak manusia adalah kreativitas yang
tidak terbatas. Namun dari range yang tidak terbatas itu akan menimbulkan
sebuah problem apabila kebebasan tersebut tidak dibatasi oleh Kewajiban dari
individu tersebut.
Selain kewajiban,hak manusia dibatasi oleh peraturan, tata
tertib dan perundang-undangan, hal tersebut dilakukan dengan maksud agar
manusia dapat menghormati sesama dan menghargai kesamaan hak dan kewajiban
serta mengetahui batasan – batasan dari hak tersebut.
Sama hal nya dalam dunia maya atau bisa dikatakan dunia
elektronik. Dalam dunia nyata, manusia melakukan segala aktivitasnya dan
bersinggungan serta berinteraksi dengan sesama. Manusia juga melakukan
transaksi dan berkreasi di dalam dunia Cyber / Internet. Sebagai makhluk social
manusia tak lepas dari konsumsi, interkasi, dan komunikasi. Jika tidak ada
undang – undang atau pun peraturan yang bersifat mengikat, maka individu yang
dominan akan bertindak agresif untuk kepuasannya atau untuk mencapai semua yang
di inginkan atau menguntungkan dirinya.
Referensi :
http://www.kamusilmiah.com/it/sejarah-world-wide-web/
http://menirlina.blogspot.com/2011/03/sejarah-website.html
http://members.tripod.com/octa_haris/internet.html
http://ilfen-share.blogspot.com/2013/03/definisi-web-science-dan-sejarah-web-10.html
http://ekskulsmp3.blogspot.com/p/etika-dalam-menggunakan-internet.html
http://tayaa90.wordpress.com/2010/05/11/hukum-dan-peraturan-internet-di-berbagai-aspek/
http://belajarintoday.blogspot.com/2013/03/aspek-hukum-dan-etika-dalam-internet.html
No comments:
Post a Comment