navigasi

Wednesday, April 24, 2013

Sosial Media Twitter



Twitter adalah salah satu sosial media yang sangat populer di dunia. Pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai sejarah, konsep, teknologi, kelebihan, kekurangan , keamanan dan pemanfaatan twitter di masa depan.

a. Sejarah Twitter
 
 Twitter didirikan oleh 3 orang yaitu Jack Dorsey, Biz Stone, dan Evan Williams pada bulan Maret tahun 2006. Dan baru diluncurkan bulan Juli ditahun yang sama. Twitter adalah jejaring sosial dan micro-blogging dimana kita sebagai pengguna dapat memberikan informasi update (perbaruan) informasi tentang diri kita, bisnis dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang sudah biasa dengan dunia blog tentunya paham bahwa kita dapat menuliskan artikel ke dalam blog kita. Namun jangan membayangkan bahwa Twitter juga dapat melakukan hal tersebut secara bebas namun disinilah uniknya Twitter. Kita hanya dibatasi 140 karakter untuk menuliskan artikel, tidak bisa gambar dan video. Oleh karena itulah makanya Twitter digolongkan ke dalam jenis micro-blogging. Mungkin inilah salah satu alasan mengapa orang Indonesia kurang menyukai jenis micro-blogging. Tapi justru itulah letak kekuatan dan kehebatan dari Twitter. Tapi jangan anggap enteng dulu Twitter, saat ini orang Indonesia sudah sangat banyak dan semakin bertambah.

b. Konsep Twitter



Ide dari pembuatan twitter ini cukup sederhana. mengkombinasikan SMS dengan situs jejaring sosial. Inspirasi dasar Twitter muncul dari SMS group messaging service TXTMob.
Awalnya layanan ini diberi nama “twttr”, terinspirasi dari nama situs sharing foto Flickr. Dan layanan ini awalnya juga hanya terbatas digunakan dalam internal perusahaan Odeo saja.
Juli 2006 layanan ini mulai diluncurkan untuk public dengan nama “Twitter”. Nama layanan situs tersebut diperkuat dengan logo burung dan arti nama “Twitter” sendiri yang artinya ; kicau burung.  Saat peluncuran pertama kali Twitter sudah memiliki brand, nama serta identitas yang jelas, padahal pendirinya belum tahu akan seperti apa model bisnis layanan ini


Oktober 2006, Jack Dorsey menggandeng Biz Stone, Evan Williams membentuk Obvious Corp untuk membeli asset Odeo serta Twitter. Selanjutnya Odeo dan Twitter menjadi perusahaan yang terpisah. Untuk sumber dana dari Twitter sendiri didukung oleh perusahaan modal ventura (yang umum sering mendanai perusahaan start up yang potensial) seperti ; Benchmark Capital, Institusional Venture Partners, Union Square Ventures. Proses pendanaan Twitter ini menjunjukkan bahwa dalam bisnis teknologi internet seringkali suatu model bisnis awal memerlukan “suntikan dana” yang kuat. Karena belum tahu kapan model bisnis ini akan mulai menghasilkan. Sehingga perencanaan keuangan yang kuat mutlak diperlukan agar bisa survive dan menghasilkan cashflow positif.

Twitter terus berkembang menjadi situs micro-blogging dan menjadi media alternatif yang menarik ditengah hiruk pikuknya situs-situs jejaring sosial, dijaman Internet Web 2.0. Twitter tahun 2009 menambahkan kolom pencari (search bar), popular topics yang kemudian menjadi trending topics. Inovasi ini telah menempatkan Twitter menjadi salah satu mesin pencari (search engine) yang khas dan unik. Mencari sesuatu berdasarkan topik-topik yang menjadi tema tweet para “Tweeps”. Suatu bentuk pencarian yang real-time dan lebih human mind-oriented. Twitter juga menambahkan fitur “Twitter List” yang memungkinkan kita mengikuti dan membalas daftar authors, bukan hanya sekadar mem-follow author individu.
Inovasi-inovasi Twitter tersebut berbuah manis, pada awal tahun 2010, Google dan Microsoft  membayar puluhan  juta dollar untuk memasukkan hasil pencarian Twitter kedalam hasil pencarian search engine Google dan Bing (milik Microsoft).

c. Teknologi yang Digunakan

Twitter adalah layanan micro blog yang hanya memuat 140 karakter. Awalnya Twitter diremehkan karena hanya mampu memuat pesan pendek. Namun ternyata kekuatan Twitter justru terletak pada formatnya yang sangat ringkas. Twitter juga terkenal dengan layanan retweetnya yang mampu membuat pesan berantai sehingga bisa menjangkau khalayak luas. Twitter terbukti efektif sebagai media informasi komersial maupun non komersial.


d. Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Menggunakan Twitter

  • Dapat berkirim pesan dengan mudah lewat internet.
  • Dapat berkirim pesan secara lebih personal lewat fitur DM (Direct Message).
  • Dapat mengubah Twitter Background sehingga tampilan tidak monoton.
  • Ada fitur ReTweet yang dapat melanjutkan pesan ke banyak orang.


Kekurangan Menggunakan Twitter

  • Karakter yang dibatasi hanya 140 karakter.
  • Tidak adanya fitur chatting seperti pada sosial media lainnya.
e. Keamanan 

Twitter terus meningkatkan keamanan di dunia maya. Di awal Februari lalu,Twitter pernah mengumumkan bahwa mereka akan memberlakukan sistem autentifikasi 2 langkah untuk login ke situs mereka. Kini, situs microblogging ini nampaknya benar-benar akan merealisasikan rencana tersebut.

f. Pemanfaatan dan Perkembangan di Masa Depan

Pemanfaatan Twitter tidak hanya sebatas untuk berkomunikasi antar sesama pengguna. Twitter juga dapat digunakan untuk bebbisnis, berbagi informasi penting, bahkan bisa menjadi alat komunikasi antara pemimpin bangsa dengan rakyatnya. Seperti yang dilakukan oleh Presiden Indonesia yang baru - baru ini membuat akun twitter resmi miliknya yang dimaksudkan untuk mengetahui keluhan - keluhan rakyat dan memberikan solusi untuk menyelesaikan masalah - masalah tersebut. Hal ini membuktikan bahwa pemanfaatan Twitter telah melebihi ekspektasi dari pendiri Twitter yang pada awalnya hanya membuat Twitter sebagai cara ber -SMS di dunia maya.


sumber:

http://yuanantaputeri.blogspot.com/2012/03/social-network-twitter.html
http://www.merdeka.com/teknologi/10-tips-untuk-keamanan-twitter.html
http://artaartapratiwi.blogspot.com/2012/03/konsep-twitter.html
http://sejarahteknologi.blogspot.com/2009/07/sejarah-twitter.html
http://lelyumiasih.blogspot.com/2013/04/v-behaviorurldefaultvmlo.html
http://www.merdeka.com/teknologi/twitter-mulai-ujicobakan-sistem-autentifikasi-2-langkah.html

No comments:

Post a Comment